Pembantu Mudik, Rumah Tetap Aman Terkendali

Investment / 8 September 2010

Kalangan Sendiri

Pembantu Mudik, Rumah Tetap Aman Terkendali

Puji Astuti Official Writer
3833

Lebaran identik dengan para pembantu rumah tangga yang mudik atau pulang kampung. Hal ini tidak jarang menimbulkan kepanikan dalam rumah tangga. Siapa yang akan mencuci? Siapa yang akan membersihkan rumah? Bagaimana jika nanti, Anda sebagai ibu rumah tangga harus menanggung semua pekerjaan rumah? Mungkin Anda terbayangkan rasa lelah dan penat yang menanti.

Untuk Anda dan pasangan yang sama-sama bekerja, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan bersama :

Bagi pekerjaan.

Pastikan beban pekerjaan tidak Anda tanggung sendiri. Bicarakan bersama pasangan dan juga anak-anak, untuk bisa mengerjakan pekerjaan di rumah bersama-sama. Untuk anak-anak, selain membantu Anda, hal ini akan mengajar anak-anak untuk bertanggung jawab dan menghargai pekerjaan pembantu rumah tangga di rumah. Pastikan bahwa pekerjaan tersebut dapat dikerjakan dengan baik, terutama anak-anak. Jadi pastikan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan cukup berbahaya tidak dipegang oleh mereka, seperti memasak atau menyetrika pakaian.

Mengatur waktu dan prioritas

Tidak semua pekerjaan harus Anda tangani sekaligus. Kadang, bahkan ada pekerjaan rumah yang bisa Anda tunda hingga pembantu rumah tangga Anda kembali dari kampung. Prioritaskan pekerjaan-pekerjaan harian yang memang sangat dibutuhkan, seperti memasak, dan mencuci pakaian. Untuk membersihkan rumah mungkin Anda bisa atur seperti menyapu dan mengepel rumah sehari sekali, sedangkan membersihkan jendela dan membersihkan debu di perabot rumah cukup seminggu sekali.

Mengatur cuti

Jika pembantu Anda mudik dalam jangka waktu yang cukup lama, mungkin Anda sudah harus mengatur waktu cuti Anda dan juga pasangan. Anda bisa cuti bergantian dengan pasangan, sehingga anak-anak tetap ada yang menjaga dan mengasuh mereka. Namun Anda juga bisa meminta tolong orangtua Anda atau saudara, dan juga menggunakan jasa pembantu sementara pada saat seperti ini.

Memaksimalkan tehnologi dan juga penyedia jasa

Tehnologi sangat membantu pekerjaan rumah, contohnya mencuci Anda bisa menggunakan mesin cuci. Atau untuk praktisnya, Anda bisa menggunakan jasa laundry. Untuk makan, Anda bisa memesan menggunakan jasa delivery ataupun catering yang saat ini sudah menjamur.

Simpan bahan makanan

Pastikan Anda memiliki simpanan bahan makanan di rumah ketika menjelang hari lebaran. Dengan cara ini Anda tidak perlu kuatir kehabisan makanan atau harus berbelanja setiap hari. Pastikan bahan pokok yang Anda simpan tahan lama.

Mudik lebaran membuat kita menyadari bahwa peran seorang pembantu rumah tangga sangat penting bagi keluarga kita. Untuk itu, mari hargai mereka dan hasil pekerjaan mereka. Perlakukan mereka dengan hormat dan kasihi mereka. Selamat mudik dan berlebaran...

Sumber : Berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami